Langsung ke konten utama

Cara Parkir di Tanjakan.

Supaya Tidak Mundur/Gelondor...

Hati-hati...Parkir mobil di tanjakan/turunan bisa saja akan membahayakan apabila dalam cara parkirnya sembarangan...

Untuk itu anda perlu memperhatikan keamanan ketika sedang parkir khususnya di tanjakan/turunan.

baca juga : cara parkir mobil yang benar.

Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan ketika parkir mobil di tanjakan/turunan:

→Perhatikan Tepi jalan.

Ketika berada di tempat parkir yang agak menanjak/menurun,usahakan menempatkan mobil anda sedekat mungkin dengan tepi jalan.
Berikan jarak kira-kira 10cm antara tepi jalan dengan ban mobil.

Hal ini di lakukan untuk menjaga keamanan pengguna jalan lain di sekitarnya jika sewaktu-waktu mobil tergelincir pada saat parkir di tanjakan/turunan.

Untuk keamanan,belokkan ban ke kanan/kiri/arah mana yang aman.

Jadi,ketika terjadi pergerakan karena mobil gelondor di tanjakan/turunan,mobil akan melaju ke arah samping dan otomatis memperkecil resiko kecelakaan.

→Masukkan persneling ke gigi 1/gigi R.

Selain menggunakan handrem...
Ketika parkir di tanjakan bisa di tambahkan dengan gigi persneling masuk 1.
Begitu pula ketika parkir di turunan,...tambahkan persneling di gigi R.

Jangan terlalu mengandalkan handrem saja karena belum tentu handrem di mobil anda bisa menahan beban mobil ketika berada di tanjakan/turunan.
Solusinya,..selalu mengecek kinerja handrem di mobil anda.Karena handrem sendiri masih berkaitan dengan kampas rem (brake shoes),maka setiap service rutin jgn lupa pula di cek semua sistem pengeremannya.

→Gunakan Pengganjal Tambahan.
Cara ini memang agak kuno...

akan tetapi,tetap saja ini adalah cara yang paling aman...

Pakai batu/apa saja yang bisa di gunakan untuk mengganjal ban mobil sewaktu parkir di tanjakan/turunan.

→Gunakan Persneling P.
Ini khusus untuk mobil matic,...

Di karenakan sistem transmisi yang automatic,maka cara parkir di tanjakan untuk mobil matic cukup dengan menggunakan persneling P.Tentu saja dengan tetap menarik tuas handrem ya,..

Untuk lebih jelasnya tentang mobil matic,anda bisa membaca tentang belajar mengemudi mobil matic di artikel saya yang lain.

Apabila ketika parkir di tanjakan/turunan anda sudah memperhatikan 3hal tersebut di atas (sudah di tepi,sudah ada tambahan gigi persneling,ada tambahan ganjal ban),akan sangat kecil resikonya mobil akan gelondor alias jalan sendiri ketika berada di tanjakan/turunan.

Demikian beberapa langkah aman ketika parkir mobil di tanjakan/turunan.
Ingat,keamanan akan tercipta jika semua orang ingin aman dan berusaha untuk mewujudkannya.

Selamat Belajar Mengemudi...!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Basic atau Dasar Pada Mobil.

Hal pertama yang perlu anda ketahui.... ketika akan belajar mengemudi mobil,yang perlu anda tahu pertama kali adalah tentang basic/dasar pada mobil itu sendiri. Dengan mengetahui basic terlebih dahulu,anda bisa tahu bagaimana mobil yang akan anda gunakan itu ingin "dimengerti". Secara umum,setiap mobil butuh kepekaan felling yang berbeda antara mobil satu dengan yang lainnya.sebagai gambaran mudahnya,mobil avanza type baru pasti lebih nyaman dari type sebelumnya. seperti itulah kira-kira.... Dari hal tersebut,penting bagi anda semua untuk mengetahui apa kegunaan dari setiap instrumen yang ada di dalam mobil. Jika di lihat dari fitur mobil secara umum,berikut instrumen dan kegunaannya: Tempat duduk Dari sini,... setting tempat duduk anda supaya ketika mengemudi bisa senyaman mungkin. caranya,tarik tuas di  bawah kursi dan atur maju mundurnya di cari posisi sampai benar. Untuk mobil manual,usahakan kaki kita senyaman mungkin dalam
3 Cara Belok Mobil Yang Benar. Bagaimana cara belok mobil yang benar....? Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang langkah awal belajar mengemudi mobil, tips mengemudi mobil , belajar dasar/basic pada mobil ,dan juga cara mengemudi mobil di tanjakan . Sekarang,kita akan bahas cara belok mobil bagi pemula. Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudi mobil tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal belok.Entah itu belok di gang besar ataupun gang kecil.Tapi bagi yang baru belajar atau pemula,bagaimana cara belok mobil ketika berada di tikungan entah itu gang besar ataupun kecil akan menjadi tantangan tersendiri. Perlu anda ketahui,... bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur. Hal paling dasar  adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok.Untuk hal selanjutnya adalah cara belok itu sendiri. Nah,..Jika kedua hal ini sudah di kuasai pastinya ketika b

Belajar Mengemudi Mobil Matic.

                               Untuk para pemula,khususnya wanita ada beberapa sebagian yang takut jika belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual dan lebih memilih untuk belajar mengemudi mobil matic. Ini dirasakan sebagian orang akan mudah di pelajari. ...Memang benar. Akan tetapi,dalam proses belajar mobil matic jangan sampai menganggap enteng juga.. Cara belajar  mengemudi mobil matic hampir sama dengan belajar mengemudi mobil manual. Jika pada mobil manual terdapat pedal kopling-rem-gas ,maka pada mobil matic cuma ada pedal rem dan gas. Tuas persneling mobil manual lebih komplit daripada mobil matic.Perbedaan itulah yang akan di pelajari pada artikel kali ini. cara belajar mengemudi mobil matic antara lain: Setting tempat duduk.  Tidak jauh berbeda dengan mobil manual,... Pada mobil matic pun kita tetap harus setting tempat duduk pertama kali masuk mobil. Tarik tuas yang ada di kursi mobil untuk mendapatkan posisi yang nyaman dalam