Supaya Tidak Mundur/Gelondor...
Hati-hati...Parkir mobil di tanjakan/turunan bisa saja akan membahayakan apabila dalam cara parkirnya sembarangan...
Untuk itu anda perlu memperhatikan keamanan ketika sedang parkir khususnya di tanjakan/turunan.
baca juga : cara parkir mobil yang benar.
Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan ketika parkir mobil di tanjakan/turunan:
→Perhatikan Tepi jalan.
Ketika berada di tempat parkir yang agak menanjak/menurun,usahakan menempatkan mobil anda sedekat mungkin dengan tepi jalan.
Berikan jarak kira-kira 10cm antara tepi jalan dengan ban mobil.
Hal ini di lakukan untuk menjaga keamanan pengguna jalan lain di sekitarnya jika sewaktu-waktu mobil tergelincir pada saat parkir di tanjakan/turunan.
Untuk keamanan,belokkan ban ke kanan/kiri/arah mana yang aman.
Jadi,ketika terjadi pergerakan karena mobil gelondor di tanjakan/turunan,mobil akan melaju ke arah samping dan otomatis memperkecil resiko kecelakaan.
→Masukkan persneling ke gigi 1/gigi R.
Selain menggunakan handrem...
Ketika parkir di tanjakan bisa di tambahkan dengan gigi persneling masuk 1.
Begitu pula ketika parkir di turunan,...tambahkan persneling di gigi R.
Jangan terlalu mengandalkan handrem saja karena belum tentu handrem di mobil anda bisa menahan beban mobil ketika berada di tanjakan/turunan.
Solusinya,..selalu mengecek kinerja handrem di mobil anda.Karena handrem sendiri masih berkaitan dengan kampas rem (brake shoes),maka setiap service rutin jgn lupa pula di cek semua sistem pengeremannya.
→Gunakan Pengganjal Tambahan.
Cara ini memang agak kuno...
akan tetapi,tetap saja ini adalah cara yang paling aman...
Pakai batu/apa saja yang bisa di gunakan untuk mengganjal ban mobil sewaktu parkir di tanjakan/turunan.
→Gunakan Persneling P.
Ini khusus untuk mobil matic,...
Di karenakan sistem transmisi yang automatic,maka cara parkir di tanjakan untuk mobil matic cukup dengan menggunakan persneling P.Tentu saja dengan tetap menarik tuas handrem ya,..
Untuk lebih jelasnya tentang mobil matic,anda bisa membaca tentang belajar mengemudi mobil matic di artikel saya yang lain.
Apabila ketika parkir di tanjakan/turunan anda sudah memperhatikan 3hal tersebut di atas (sudah di tepi,sudah ada tambahan gigi persneling,ada tambahan ganjal ban),akan sangat kecil resikonya mobil akan gelondor alias jalan sendiri ketika berada di tanjakan/turunan.
Demikian beberapa langkah aman ketika parkir mobil di tanjakan/turunan.
Selamat Belajar Mengemudi...!
Hati-hati...Parkir mobil di tanjakan/turunan bisa saja akan membahayakan apabila dalam cara parkirnya sembarangan...
Untuk itu anda perlu memperhatikan keamanan ketika sedang parkir khususnya di tanjakan/turunan.
baca juga : cara parkir mobil yang benar.
Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan ketika parkir mobil di tanjakan/turunan:
→Perhatikan Tepi jalan.
Ketika berada di tempat parkir yang agak menanjak/menurun,usahakan menempatkan mobil anda sedekat mungkin dengan tepi jalan.
Berikan jarak kira-kira 10cm antara tepi jalan dengan ban mobil.
Hal ini di lakukan untuk menjaga keamanan pengguna jalan lain di sekitarnya jika sewaktu-waktu mobil tergelincir pada saat parkir di tanjakan/turunan.
Untuk keamanan,belokkan ban ke kanan/kiri/arah mana yang aman.
Jadi,ketika terjadi pergerakan karena mobil gelondor di tanjakan/turunan,mobil akan melaju ke arah samping dan otomatis memperkecil resiko kecelakaan.
→Masukkan persneling ke gigi 1/gigi R.
Selain menggunakan handrem...
Ketika parkir di tanjakan bisa di tambahkan dengan gigi persneling masuk 1.
Begitu pula ketika parkir di turunan,...tambahkan persneling di gigi R.
Jangan terlalu mengandalkan handrem saja karena belum tentu handrem di mobil anda bisa menahan beban mobil ketika berada di tanjakan/turunan.
Solusinya,..selalu mengecek kinerja handrem di mobil anda.Karena handrem sendiri masih berkaitan dengan kampas rem (brake shoes),maka setiap service rutin jgn lupa pula di cek semua sistem pengeremannya.
→Gunakan Pengganjal Tambahan.
Cara ini memang agak kuno...
akan tetapi,tetap saja ini adalah cara yang paling aman...
Pakai batu/apa saja yang bisa di gunakan untuk mengganjal ban mobil sewaktu parkir di tanjakan/turunan.
→Gunakan Persneling P.
Ini khusus untuk mobil matic,...
Di karenakan sistem transmisi yang automatic,maka cara parkir di tanjakan untuk mobil matic cukup dengan menggunakan persneling P.Tentu saja dengan tetap menarik tuas handrem ya,..
Untuk lebih jelasnya tentang mobil matic,anda bisa membaca tentang belajar mengemudi mobil matic di artikel saya yang lain.
Apabila ketika parkir di tanjakan/turunan anda sudah memperhatikan 3hal tersebut di atas (sudah di tepi,sudah ada tambahan gigi persneling,ada tambahan ganjal ban),akan sangat kecil resikonya mobil akan gelondor alias jalan sendiri ketika berada di tanjakan/turunan.
Demikian beberapa langkah aman ketika parkir mobil di tanjakan/turunan.
Ingat,keamanan akan tercipta jika semua orang ingin aman dan berusaha untuk mewujudkannya.
Selamat Belajar Mengemudi...!
Komentar