Langsung ke konten utama
3 Cara Belok Mobil Yang Benar.



Bagaimana cara belok mobil yang benar....?

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang langkah awal belajar mengemudi mobil,tips mengemudi mobil,belajar dasar/basic pada mobil,dan juga cara mengemudi mobil di tanjakan.

Sekarang,kita akan bahas cara belok mobil bagi pemula.

Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudi mobil tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal belok.Entah itu belok di gang besar ataupun gang kecil.Tapi bagi yang baru belajar atau pemula,bagaimana cara belok mobil ketika berada di tikungan entah itu gang besar ataupun kecil akan menjadi tantangan tersendiri.

Perlu anda ketahui,...

bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur.

Hal paling dasar  adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok.Untuk hal selanjutnya adalah cara belok itu sendiri.

Nah,..Jika kedua hal ini sudah di kuasai pastinya ketika belok di tikungan kita akan melewatinya dengan mudah.

Berikut ulasannya untuk anda:
  • Belok di Gang Besar.

google.com

Sebelum kita mulai,sekarang  kita harus tahu dulu bagaimana kriteria gang besar?...

Yang di namakan gang besar adalah bila lebar jalan bisa dilalui oleh dua mobil ketika berpapasan.

..Nah,karena posisi kita jalan itu harus selalu di sebelah kiri maka ketika belok di gang besar pun kita wajib berada di sebelah kiri.

Agar posisi mobil tetap aman ketika belok, maka patokan belok di gang besar adalah setengah dari panjang bodi mobil di usahan sejajar dengan ujung gang yang mau kita lewati,...

setelah itu,stang kemudi kita putar penuh 2x untuk mendapatkan belokan yang sempurna.Nyalakan dulu lampu sein sebelum berbelok.Jangan lupa ketika dalam proses belok kita juga pantau posisi mobil kita lewat kaca  spion untuk mengetahui apakah aman atau tidak.

Untuk gang besar yang ramai bisa kita imbangi laju mobil dengan main kopling halus guna mendapatkan kecepatan yang aman ketika berbelok.

Setelah melewati belokan,kembalikan posisi stir lurus 2x putaran dengan memperhatikan posisi mobil dengan jalan yang ada di depan.
  • Belok di Gang Sempit.
......bagaimana dengan gang Sempit?

Kriteria gang sempit adalah jika lebar jalan itu cuma cukup di lalui satu mobil.Kalaupun ada sisa jalan cuma bisa di lewati motor.

Itulah namanya gang sempit...

patokannya belok ini adalah sejajarkan posisi kaca spion mobil ( kira-kira 1/4 panjang mobil ) dengan ujung tikungan/gang yang mau di lewati...kemudian putar stir penuh.Jangan lupa nyalakan lampu sein.

Perlu anda perhatikan...

Untuk belok mobilnya ke kiri di jalan/gang sempit,posisi mobil jangan terlalu mepet kiri melainkan harus serong dulu ke kanan agar mobil bisa masuk dengan aman.

Sebaliknya,ketika belok mobilnya ke kanan,posisikan mobil mepet dengan batas jalan di sebelah kirinya.

Mainkan kopling sehalus mungkin supaya mobil bisa dengan aman masuk tikungannya.Entah itu belok kanan maupun kiri.

Tapi anda harus hati-hati.....

banyak kasus ketika belok di jalan sempit kadang orang salah perkiraan sehingga hasilnya ban mobil malah masuk terperosot ke selokan.

Untuk memantau posisi mobil belok di gang sempit,gunakan kaca spion...dan feeling.

Sekali lagi,pantau posisi mobil dengan melihat kaca spion ketika proses belok karena gang kecil lebih membutuhkan felling yang oke untuk posisi berbeloknya.
  • Belok di Jalan Raya.




Perlu anda ketahui...

Cara belok mobil di jalan raya lebih mudah ketimbang belok gang.

Rata-rata belokan di jalan raya memiliki sudut belok 90 derajat.
maka dari itu untuk berbeloknya pun kita tidak boleh terlalu banyak memutar stir.

Di sinilah felling kita terhadap stir akan sangat berpengaruh.Untuk  belok di jalan raya kita sesuaikan stir kita dengan kondisi lalu lintas dan juga jalan yang di lewati.

Jangan lupa sekali lagi di tekankan untuk melihat kaca spion dan nyalakan lampu sein sebelum berbelok.Kembalikan posisi stir ketika sudah melewati tikungannya.


Demikian tadi cara belok mobil ketika berada di gang besar,gang kecil,ataupun jalan raya.

Ingat ya,selalu perhatikan keamanan ketika mengemudi mobil khususnya ketika berbelok di tikungan.selamat menikmati waktu anda mengemudi....!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Basic atau Dasar Pada Mobil.

Hal pertama yang perlu anda ketahui.... ketika akan belajar mengemudi mobil,yang perlu anda tahu pertama kali adalah tentang basic/dasar pada mobil itu sendiri. Dengan mengetahui basic terlebih dahulu,anda bisa tahu bagaimana mobil yang akan anda gunakan itu ingin "dimengerti". Secara umum,setiap mobil butuh kepekaan felling yang berbeda antara mobil satu dengan yang lainnya.sebagai gambaran mudahnya,mobil avanza type baru pasti lebih nyaman dari type sebelumnya. seperti itulah kira-kira.... Dari hal tersebut,penting bagi anda semua untuk mengetahui apa kegunaan dari setiap instrumen yang ada di dalam mobil. Jika di lihat dari fitur mobil secara umum,berikut instrumen dan kegunaannya: Tempat duduk Dari sini,... setting tempat duduk anda supaya ketika mengemudi bisa senyaman mungkin. caranya,tarik tuas di  bawah kursi dan atur maju mundurnya di cari posisi sampai benar. Untuk mobil manual,usahakan kaki kita senyaman mungkin dalam

Belajar Mengemudi Mobil Matic.

                               Untuk para pemula,khususnya wanita ada beberapa sebagian yang takut jika belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual dan lebih memilih untuk belajar mengemudi mobil matic. Ini dirasakan sebagian orang akan mudah di pelajari. ...Memang benar. Akan tetapi,dalam proses belajar mobil matic jangan sampai menganggap enteng juga.. Cara belajar  mengemudi mobil matic hampir sama dengan belajar mengemudi mobil manual. Jika pada mobil manual terdapat pedal kopling-rem-gas ,maka pada mobil matic cuma ada pedal rem dan gas. Tuas persneling mobil manual lebih komplit daripada mobil matic.Perbedaan itulah yang akan di pelajari pada artikel kali ini. cara belajar mengemudi mobil matic antara lain: Setting tempat duduk.  Tidak jauh berbeda dengan mobil manual,... Pada mobil matic pun kita tetap harus setting tempat duduk pertama kali masuk mobil. Tarik tuas yang ada di kursi mobil untuk mendapatkan posisi yang nyaman dalam