Langsung ke konten utama

Cara Mudah Parkir paralel.

adalah parkir dimana posisi ini sering di jumpai di kota besar atau pusat kota ramai dengan kondisi tempat parkir biasanya di tepi jalan raya.

Posisi parkir ini termasuk posisi yang sulit bagi sebagian orang,khususnya yang baru belajar mengemudi mobil.

Butuh ketekunan dalam belajar parkir seperti ini agar hasilnya lancar dan baik.
Berikut langkah-langkah ketika kita akan parkir paralel:


(sumber gambar dari : Saft7.com)




 Langkah 1.

Pada umumnya,..kebanyakan parkir paralel posisinya berada di sebelah kiri.Misalkan tempat parkir itu berada di sebelah kanan,untuk caranya tetaplah sama.

Pertama,bawa mobil kita sejajar dengan mobil yang berada di depan kita untuk parkir mobil nantinya.




Langkah 2. 

Setelah sejajar dengan mobil (posisi mobil kita berada di sebelah mobil yang parkir),pastikan kita beri jarak aman sekitar -/+ 1meter dengan mobil di samping kita tadi.

Pastikan juga bagian belakang mobil kita sudah sejajar.Selanjutnya,putar kemudi secara penuh ke arah kiri (putaran kemudi penuh bertujuan memaksimalkan parkir).

Setelah itu masukkan gigi persneling ke gigi mundur (R) dan mundur secara perlahan.

Untuk amannya,saat mundur di anjurkan mengolah kopling supaya kecepatan mobil terjaga.Jangan lupa,perhatikan dan pantau posisi belakang mobil lewat kaca spion.



Langkah 3.

Nah,..Saat mobil sudah mencapai sudut diagonal atau miring 45derajat (untuk awal cara belajar parkir,kemiringan mobil bisa di lihat ketika setengah dari panjang mobil kita sudah mencapai ekor mobil di sebelahnya),luruskan stir/kemudi mobil sambil mundur perlahan dan perhatikan spion..



Langkah 4.

Ketika sudah hampir mendekati trotoar (untuk pemula,bisa juga pakai patokan kaca spion sejajar dengan ekor mobil di sebelahnya),putar stir penuh ke arah kanan atau luar sambil masih mundur perlahan.

mainkan kopling juga..
Ingat,perhatikan posisi mobil lewat spion.Mundurkan mobil terus sampai ekor mobil kita mepet dengan bagian mobil yang berada di belakang kita parkir tadi.



Langkah 5.

Setelah posisi mobil sudah mepet dengan bagian mobil yang berada di belakang kita parkir,untuk selanjutnya pindah gigi persneling ke gigi maju (1 atau D) dan putar penuh stir kemudi ke arah kiri/dalam sambil maju perlahan.
Atur posisi mobil biar lurus dengan mobil yang berada di depan.




Langkah 6.

Bagi pemula yang sedang belajar parkir mobil,ketika sudah sampai pada tahapan terakhir kadang posisi mobil belum lurus dengan baik.

Untuk membenahi posisi itu bisa dengan mundur dulu sambil atur stir supaya lurus dengan mobil depan belakang.

Perlu di ketahui,dalam parkir paralel ini luas tempat kita parkir itu biasanya lebih panjang dari ukuran mobil kita.
Untuk langkah aman,beri jarak seimbang saat parkir mobil kita dengan mobil depan dan belakang.


Sedangkan Untuk teknik keluar dari parkir paralel akan mudah karena teknik yang kita pakai adalah sama ketika akan masuk parkir tadi.

Perbedaannya adalah di gigi persnelingnya.
Yang tadinya ketika masuk parkir memakai gigi mudur maka ketika keluar pakai gigi maju,dan sebaliknya.

Demikian cara parkir paralel mobil.Semoga bermanfaat dan dapat membantu khususnya bagi yang baru dalam belajar mengemudi mobil.Selamat mengemudi...!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Basic atau Dasar Pada Mobil.

Hal pertama yang perlu anda ketahui.... ketika akan belajar mengemudi mobil,yang perlu anda tahu pertama kali adalah tentang basic/dasar pada mobil itu sendiri. Dengan mengetahui basic terlebih dahulu,anda bisa tahu bagaimana mobil yang akan anda gunakan itu ingin "dimengerti". Secara umum,setiap mobil butuh kepekaan felling yang berbeda antara mobil satu dengan yang lainnya.sebagai gambaran mudahnya,mobil avanza type baru pasti lebih nyaman dari type sebelumnya. seperti itulah kira-kira.... Dari hal tersebut,penting bagi anda semua untuk mengetahui apa kegunaan dari setiap instrumen yang ada di dalam mobil. Jika di lihat dari fitur mobil secara umum,berikut instrumen dan kegunaannya: Tempat duduk Dari sini,... setting tempat duduk anda supaya ketika mengemudi bisa senyaman mungkin. caranya,tarik tuas di  bawah kursi dan atur maju mundurnya di cari posisi sampai benar. Untuk mobil manual,usahakan kaki kita senyaman mungkin dalam
3 Cara Belok Mobil Yang Benar. Bagaimana cara belok mobil yang benar....? Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang langkah awal belajar mengemudi mobil, tips mengemudi mobil , belajar dasar/basic pada mobil ,dan juga cara mengemudi mobil di tanjakan . Sekarang,kita akan bahas cara belok mobil bagi pemula. Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudi mobil tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal belok.Entah itu belok di gang besar ataupun gang kecil.Tapi bagi yang baru belajar atau pemula,bagaimana cara belok mobil ketika berada di tikungan entah itu gang besar ataupun kecil akan menjadi tantangan tersendiri. Perlu anda ketahui,... bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur. Hal paling dasar  adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok.Untuk hal selanjutnya adalah cara belok itu sendiri. Nah,..Jika kedua hal ini sudah di kuasai pastinya ketika b

Belajar Mengemudi Mobil Matic.

                               Untuk para pemula,khususnya wanita ada beberapa sebagian yang takut jika belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual dan lebih memilih untuk belajar mengemudi mobil matic. Ini dirasakan sebagian orang akan mudah di pelajari. ...Memang benar. Akan tetapi,dalam proses belajar mobil matic jangan sampai menganggap enteng juga.. Cara belajar  mengemudi mobil matic hampir sama dengan belajar mengemudi mobil manual. Jika pada mobil manual terdapat pedal kopling-rem-gas ,maka pada mobil matic cuma ada pedal rem dan gas. Tuas persneling mobil manual lebih komplit daripada mobil matic.Perbedaan itulah yang akan di pelajari pada artikel kali ini. cara belajar mengemudi mobil matic antara lain: Setting tempat duduk.  Tidak jauh berbeda dengan mobil manual,... Pada mobil matic pun kita tetap harus setting tempat duduk pertama kali masuk mobil. Tarik tuas yang ada di kursi mobil untuk mendapatkan posisi yang nyaman dalam