Langsung ke konten utama

Cara Parkir Mobil yang Benar.

Cara parkir mobil itu pada dasarnya sama...dan anda tidak memerlukan teknik khusus.Baik itu mobil manual ataupun matic.

Bagi anda yang sudah mahir mengemudi pastinya tidak akan mengalami kesulitan karena tinggal butuh pengetahuan mengenai langkah-langkahnya.

Tapi bagi anda yang sedang belajar mengemudi mobil atau baru selesai belajar mengemudi mungkin masih belum terbiasa atau mungkin sedikit mengalami kesulitan dalam hal memarkirkan mobil di tempat-tempat ramai dan sempit.

Pada artikel kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai teknik parkir mobil yang benar.

Simak baik-baik supaya mengerti..

Anda harus memahami beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum memarkirkan mobil.Karena sering kali kita menemukan mobil penyok,rusak,lecet,dan bahkan bisa lebih fatal lagi dikarenakan kelalaian dari pengemudi sendiri.

Cara Parkir Mobil Yang Benar:
  • Memilih Tempat Parkir.
Ini hal pertama ketika ingin memarkirkan mobil...
Tentunya memilih dulu tempat parkir.

Jangan sampai anda parkir di tempat yang ada larangan parkirnya..
Pastikan dulu kalau tempat itu benar-benar di perbolehkan untuk parkir.Perhatikan rambu-rambu parkir yang ada.

Jika ada,pilihlah tempat parkir yang luas.Dalam hal ini yang di maksud luas adalah anda dapat dengan mudah masuk dan juga saat akan keluar dari parkiran.Jangan lupa juga perhatikan rambu-rambu parkir di lokasi (petunjuk,belok,stop,dll.)
  • Memberi Ruang Gerak.
Hindari memarkirkan mobil pada area yang sempit dan beresiko menabrak mobil lain.
Juga jangan memarkir mobil dengan kondisi bisa masuk tapi tidak bisa keluar.

perhatikan jarak antar mobil untuk ruang gerak mobil lain.Perhatikan juga kemungkinan mobil anda menyenggol mobil lain ketika parkir.
  • Membuka Kaca Mobil.
...Bukalah kaca mobil ketika parkir.

Hal ini akan mempermudah kita dalam memantau kondisi di sekitar tempat kita parkir dan juga posisi dengan mobil lain.
Jika ragu dengan tempat parkir yang akan anda tempati jangan sungkan untuk turun dari mobil guna memeriksa kemungkinan benda yang dapat membuat lecet cat atau lainnya.
  • Melihat dan Mengatur Spion.
Kaca spion adalah aksesoris mobil yang sangat penting ketika kita parkir.

Atur kaca spion kanan kiri untuk memantau kondisi belakang mobil ketika parkir.
Untuk posisi spion normal adalah bagian belakang body mobil kita terlihat minimal 1/4 dari bagian spion (kanan-kiri sama).
Sedangkan spion tengah berguna untuk memantau bagian belakang/ekor mobil dengan jalan serta mobil yang berada persis di belakang mobil kita.
  • Konsentrasi Ketika Parkir
Hal inilah bagian terpenting....

ketika akan parkir mobil,konsentrasi dengan mobil anda sewaktu parkir.

Hindari bergurau,bermain handphone,serta kecilkan suara audio.Semua harus dalam kendali sebelum memarkirkan mobil ke tempat parkir.
Fokus adalah kunci utama agar kita bisa berhasil parkir dengan lancar dan aman.

Bagi sebagian orang,....

memajukan mobil terasa lebih mudah daripada memundurkan mobil.
Tetapi ketika parkir kadang kita juga harus mundur untuk masuk tempat parkiran.

Dan sebenarnya lagi,teknik parkir mobil mudur itu lebih mudah daripada maju dikarenakan yang bergerak adalah roda depan.Secara otomatis bagian depan yang pergerakannya lebih luas.

Untuk bergerak mundur cukup melihat pergerakan bagian belakang mobil dari spion yang otomatis akan mudah kita pantau posisinya.

Baca juga : 3 cara belok mobil yang benar.

Demikian tadi ulasan tentang cara parkir mobil yang benar.
Semoga bermanfaat bagi anda...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Basic atau Dasar Pada Mobil.

Hal pertama yang perlu anda ketahui.... ketika akan belajar mengemudi mobil,yang perlu anda tahu pertama kali adalah tentang basic/dasar pada mobil itu sendiri. Dengan mengetahui basic terlebih dahulu,anda bisa tahu bagaimana mobil yang akan anda gunakan itu ingin "dimengerti". Secara umum,setiap mobil butuh kepekaan felling yang berbeda antara mobil satu dengan yang lainnya.sebagai gambaran mudahnya,mobil avanza type baru pasti lebih nyaman dari type sebelumnya. seperti itulah kira-kira.... Dari hal tersebut,penting bagi anda semua untuk mengetahui apa kegunaan dari setiap instrumen yang ada di dalam mobil. Jika di lihat dari fitur mobil secara umum,berikut instrumen dan kegunaannya: Tempat duduk Dari sini,... setting tempat duduk anda supaya ketika mengemudi bisa senyaman mungkin. caranya,tarik tuas di  bawah kursi dan atur maju mundurnya di cari posisi sampai benar. Untuk mobil manual,usahakan kaki kita senyaman mungkin dalam
3 Cara Belok Mobil Yang Benar. Bagaimana cara belok mobil yang benar....? Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang langkah awal belajar mengemudi mobil, tips mengemudi mobil , belajar dasar/basic pada mobil ,dan juga cara mengemudi mobil di tanjakan . Sekarang,kita akan bahas cara belok mobil bagi pemula. Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudi mobil tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal belok.Entah itu belok di gang besar ataupun gang kecil.Tapi bagi yang baru belajar atau pemula,bagaimana cara belok mobil ketika berada di tikungan entah itu gang besar ataupun kecil akan menjadi tantangan tersendiri. Perlu anda ketahui,... bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur. Hal paling dasar  adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok.Untuk hal selanjutnya adalah cara belok itu sendiri. Nah,..Jika kedua hal ini sudah di kuasai pastinya ketika b

Belajar Mengemudi Mobil Matic.

                               Untuk para pemula,khususnya wanita ada beberapa sebagian yang takut jika belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual dan lebih memilih untuk belajar mengemudi mobil matic. Ini dirasakan sebagian orang akan mudah di pelajari. ...Memang benar. Akan tetapi,dalam proses belajar mobil matic jangan sampai menganggap enteng juga.. Cara belajar  mengemudi mobil matic hampir sama dengan belajar mengemudi mobil manual. Jika pada mobil manual terdapat pedal kopling-rem-gas ,maka pada mobil matic cuma ada pedal rem dan gas. Tuas persneling mobil manual lebih komplit daripada mobil matic.Perbedaan itulah yang akan di pelajari pada artikel kali ini. cara belajar mengemudi mobil matic antara lain: Setting tempat duduk.  Tidak jauh berbeda dengan mobil manual,... Pada mobil matic pun kita tetap harus setting tempat duduk pertama kali masuk mobil. Tarik tuas yang ada di kursi mobil untuk mendapatkan posisi yang nyaman dalam