Langsung ke konten utama
Cara Sederhana Merawat Mobil Baru Maupun Bekas.



Tahukah anda... permasalahan sebagian besar orang setelah bisa mengemudi adalah kadang mereka bingung bagaimana cara merawat mobil sendiri.
...Memang,jika sudah mengenal dengan yang namanya mobil,pasti kita juga akan berusaha untuk mengetahui bagaimana cara merawat mobil supaya mobil kita terpelihara kondisinya.Baik itu mobil baru maupun yang sudah lama.
Agar mobil kita tetap selalu dalam kondisi prima,memang di butuhkan perawatan mobil secara maksimal.
Namun tentunya tidak semua orang memiliki waktu luang untuk merawat mobil secara detail.
beberapa tips berikut bisa membantu anda untuk merawat mobil sendiri di rumah.

  • Cara Merawat Mobil Baru.
Untuk Merawat Mobil Baru,lebih mudah untuk di lakukan terutanma bagi yang baru mengenal mobil.Karena mobil baru tergolong masih "belum umur",maka dari segi kondisi bisa di bilang OK 100%.
Untuk perawatan rutin selain dari buku panduan service berkala bekal dari pabrik,ada baiknya kita memperhatikan kondisi luar seperti pengecekan angin ban,menjaga kebersihan interior dan eksterior mobil,AC mobil,dan yang paling penting adalah penggunaan yang standar.Karena penggunaan mobil yang standar otomatis juga akan meningkatkan umur masa pakai mobil yang lebih lama. 
    • Tips Merawat Mobil Bekas. 
    ...Bagaimana untuk merawat mobil bekas? Apakah hanya cukup dengan perawatan berkala setiap bulan saja? jawabannya adalah Tidak..!!
    Mobil Bekas berarti mobil yang sudah pernah terpakai beberapa tahun sebelumnya.Mobil dengan umur pemakaian lebih dari 5tahun sudah bisa di katakan bekas.

    Untuk perawatannya pun diharuskan lebih teliti lagi supaya kondisi mobil selalu prima dan apabila suatu saat kita akan menjualnya maka merawat mobil dengan baik sama dengan menjaga harga jual kembali mobil.
    Berikut beberapa tips merawat mobil bekas:

    ~Periksa kondisi ban.
    Memperhatikan kondisi fisik pada ban mobil sangat penting karena ban adalah bagian vital pada mobil.Pernah anda lihat mobil bisa berjalan tanpa ban?hehehe.....

    Untuk itu,periksa kondisi ban pada mobil kita..
    .Segera ganti dengan yang baru jika ban mobil sudah botak karena ban botak akan mempengaruhi pengereman pada mobil,dan bahayanya lagi resiko ban meletus lebih besar.Jika kondisi ini di abaikan,akan membahayakan kita sewaktu melaju di jalan raya.Resikonya adalah nyawa..!!!

    ~Cek Oli Mesin mobil.



    .....Pada umumnya,mobil bekas lebih rentang dengan namanya kebocoran oli.
    Untuk itu,selalu cek oli mesin setiap bulan dan jangan lupa pula periksa bagian bawah mobil apakah ada kebocoran oli dari mesin atau tidak.

    ~Cek Sistem Pengereman.
    Inilah penentu keselamatan kita waktu mengemudi...Rem.

    Dengan selalu memperhatikan sistem pengereman di mobil kita maka kita akan aman selama mengemudikan mobil.
    Cek sistem pengereman mobil kita secara teliti.Ganti kampas rem apabila sudah aus/tipis.Periksa pula sistem handremnya masih optimal atau tidak.

    ~Cek Kampas Kopling.
    ...Otak utama pada mobil manual adalah koplingnya.

    Kampas kopling yang aus akan menyebabkan alotnya gigi persneling mobil.Lebih parah lagi persneling tidak bisa di masukkan.

    Umur kampas kopling bisa bermacam-macam tergantung dengan penggunaan si pemakai tersebut.Jadi,kita lah sebagai pengemudi harus bisa merawat kopling dan merasakan/mengerti kondisi dari mobil kita sendiri.

    ~Cek Mesin.

    Pengecekan Rutin adalah hal terbaik untuk perawatan mesin mobil kita.Cek Mesin dari kebocoran oli,kerenggangan fanbelt,air radiator,dan lain-lain.

    ~Jaga Kelengkapan Surat Kendaraan.

    Surat kendaaran yang jelas seperti STNK,BPKB,dan lain-lain akan membantu "kelangsungan hidup" pada mobil.Jaga baik-baik semua surat-surat tersebut.

    Demikian beberapa poin tentang Tips Merawat Mobil bagi Pemula.Semoga bermanfaat bagi anda semua...


    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Belajar Basic atau Dasar Pada Mobil.

    Hal pertama yang perlu anda ketahui.... ketika akan belajar mengemudi mobil,yang perlu anda tahu pertama kali adalah tentang basic/dasar pada mobil itu sendiri. Dengan mengetahui basic terlebih dahulu,anda bisa tahu bagaimana mobil yang akan anda gunakan itu ingin "dimengerti". Secara umum,setiap mobil butuh kepekaan felling yang berbeda antara mobil satu dengan yang lainnya.sebagai gambaran mudahnya,mobil avanza type baru pasti lebih nyaman dari type sebelumnya. seperti itulah kira-kira.... Dari hal tersebut,penting bagi anda semua untuk mengetahui apa kegunaan dari setiap instrumen yang ada di dalam mobil. Jika di lihat dari fitur mobil secara umum,berikut instrumen dan kegunaannya: Tempat duduk Dari sini,... setting tempat duduk anda supaya ketika mengemudi bisa senyaman mungkin. caranya,tarik tuas di  bawah kursi dan atur maju mundurnya di cari posisi sampai benar. Untuk mobil manual,usahakan kaki kita senyaman mungkin dalam
    3 Cara Belok Mobil Yang Benar. Bagaimana cara belok mobil yang benar....? Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang langkah awal belajar mengemudi mobil, tips mengemudi mobil , belajar dasar/basic pada mobil ,dan juga cara mengemudi mobil di tanjakan . Sekarang,kita akan bahas cara belok mobil bagi pemula. Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudi mobil tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal belok.Entah itu belok di gang besar ataupun gang kecil.Tapi bagi yang baru belajar atau pemula,bagaimana cara belok mobil ketika berada di tikungan entah itu gang besar ataupun kecil akan menjadi tantangan tersendiri. Perlu anda ketahui,... bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur. Hal paling dasar  adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok.Untuk hal selanjutnya adalah cara belok itu sendiri. Nah,..Jika kedua hal ini sudah di kuasai pastinya ketika b

    Belajar Mengemudi Mobil Matic.

                                   Untuk para pemula,khususnya wanita ada beberapa sebagian yang takut jika belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual dan lebih memilih untuk belajar mengemudi mobil matic. Ini dirasakan sebagian orang akan mudah di pelajari. ...Memang benar. Akan tetapi,dalam proses belajar mobil matic jangan sampai menganggap enteng juga.. Cara belajar  mengemudi mobil matic hampir sama dengan belajar mengemudi mobil manual. Jika pada mobil manual terdapat pedal kopling-rem-gas ,maka pada mobil matic cuma ada pedal rem dan gas. Tuas persneling mobil manual lebih komplit daripada mobil matic.Perbedaan itulah yang akan di pelajari pada artikel kali ini. cara belajar mengemudi mobil matic antara lain: Setting tempat duduk.  Tidak jauh berbeda dengan mobil manual,... Pada mobil matic pun kita tetap harus setting tempat duduk pertama kali masuk mobil. Tarik tuas yang ada di kursi mobil untuk mendapatkan posisi yang nyaman dalam