Langsung ke konten utama

Cara Mendongkrak Mobil yang Benar.

Tips Mendongkrak Mobil


Salah satu hal yang pasti dan akan di alami seseorang dalam hal yang berhubungan dengan mobil adalah mendongkrak mobilnya.

dan itu pasti..

Ketika ban mobil bocor dan di tuntut keadaan untuk mengganti ban cadangan saat itu juga.
atau hanya sekedar ingin mengganti velg baru misalnya...

...Anda tetap akan mendongkrak bannya.

Walaupun kelihatan sepele,tapi cara mendongkrak ban mobil harus dengan memperhatikan keamanan ketika melakukannya.Anda pasti tidak mau kan ketika mendongkrak mobil untuk mengganti ban mobil malah mobilnya amblas dikarenakan dongkraknya meleset?

Jangan asal,..cari titik tumpuannya.

Untuk pemilik mobil pemula biasanya sedikit kebingungan mengenai dimana seharusnya meletakkan ujung dongkrak atau mencari titik tumpuan yang benar,..

Sebenarnya,setiap mobil sudah di tentukan titik tumpuan untuk meletakkan dongkrak.
Anda bisa lihat di buku panduan pengguna
...jika masih ada. hehem...

Biasanya,letak titik tumpuan dongkrak letaknya tidak terlalu jauh di bawah mobil.
Anda cukup mencarinya di area dekat ban (di area balljoin) atau bisa di sasis tepatnya bagian di bawah pintu.
Cirinya adalah tumpuan dongkrak mempunyai bentuk yang sesuai dengan dongkrak bawaan mobil

Titik Tumpuan dongkrak perlu di cari karena di sanalah letak keseimbangan mobil saat di dongkrak dan juga lokasi yang paling optimal untuk mengangkat ban mobil.

Titik tumpuan dongkrak (bahasa inggrisnya lifting point) adalah tempat teraman untuk mendongkrak mobil.Jika tidak tepat di tumpuannya,resiko dongkrak meleset akan mengakibatkan kerusakan pada body ataupun sasis mobil.
Hal itu akan sangat merepotkan bukan?

Satu hal lagi...

Jangan percaya pada kekuatan dongkrak..

memang,dongkrak sudah di desain untuk menopang besaran berat tertentu.Akan tetapi,resiko dongkrak anjlok masih tetap ada.
Biasanya di sebabkan sistem hidrolisnya rusak.
Dongkrak sifatnya hanya untuk menaikkan saja.Jangan terlalu lama menahan beban mobil dengan menggunakan dongkrak.

Solusinya....

Gunakan JackStand...

Kaki-kaki penopang pada JackStand lebih kuat dan lebar.Sehingga kemungkinan resiko kebocoran pada dongkrak sistem hidrolis dapat di perkecil atau hilang.

Nah,setelah anda menemukan letak tumpuan dongkrak pada mobil anda...
Sekarang yang perlu anda perhatikan adalah tips mendongkrak mobil yang akan berguna untuk keamanan anda ketika sedang mendongkrak mobil.

Berikut cara mendongkrak Ban mobil:

→Carilah area yang aman.
Kebanyakan kasus kejadian ban mobil bocor itu pasti ketika di jalan raya.

Jika anda mengalami kejadian seperti ini,hal pertama yang mesti di lakukan adalah bawa mobil ke tempat yang aman.setidaknya di pinggir jalan yang tidak begitu ramai di lalui.

Pasang rambu-rambu darurat.Apabila terpaksa harus mendongkrak mobil untuk ganti ban di tengah jalan,pasang rambu tambahan.

→Cari tempat yang rata.

Jangan di tempat yang miring
Hal ini akan berbahaya ketika kita mendongkrak mobil.Siapkan kunci roda mobil,dongkrak mobil,serta ban dan velg cadangan,

→Ganjal ban mobil.

Sebelum mendongkrak mobil,Beri ganjal pada ban yang lain ketika akan mengganti ban yang bocor.Untuk keamanan tambahan,masukkan gigi persneling.

Perhatikan juga ukuran mobil / bobot mobil dengan dongkrak mobilnya apakah sudah sesuai standart atau belum.
Jika sekiranya lama,pakai JackStand.

→Kendorkan baut roda mobil. 

Kendorkan sebelum mendongkrak mobil.Jangan terlalu longgar.Bisa merusak ulirnya.

→Tempatkan dongkrak mobil pada bagian yang pas.

Ini yang kita ulas di awal tadi.Pada umumnya,bagian balljion pada lengan per adalah tempat yang pas untuk menempatkan dongkrak.

→Jangan terlalu tinggi memompa dongkrak.

Yang terpenting adalah ban mobil bisa terangkat dari tanah dan mudah untuk di lepas.

→Hindari guncangan yang berlebihan.

Ketika mobil di dongkrak,jangan ada orang di dalamnya..

Apalagi orang tersebut bergerak-gerak di dalam mobil yang di dongkrak.akibatnya mungkin akan membuat dongkrak mobil meleset dari tempatnya.

→Kencangkan kembali baut roda mobil.

Setelah selesai mendongkrak mobil,kencangkan kembali baut rodanya.Pastikan sudah kencang semua.
setelah itu,jangan lupa mengecek tekanan ban mobil apakah sudah pas atau belum.anda harus Menambah tekanan ban mobil jika memang kurang.

Beberapa tips mendongkrak mobil tersebut di atas sekiranya perlu di perhatikan ketika kita akan mengganti ban mobil yang bocor.Kita harus teliti pada saat mendongkrak mobil agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Ingat,keamanan akan tercipta apabila setiap orang ingin merasa aman dan berusaha untuk mewujudkannya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Basic atau Dasar Pada Mobil.

Hal pertama yang perlu anda ketahui.... ketika akan belajar mengemudi mobil,yang perlu anda tahu pertama kali adalah tentang basic/dasar pada mobil itu sendiri. Dengan mengetahui basic terlebih dahulu,anda bisa tahu bagaimana mobil yang akan anda gunakan itu ingin "dimengerti". Secara umum,setiap mobil butuh kepekaan felling yang berbeda antara mobil satu dengan yang lainnya.sebagai gambaran mudahnya,mobil avanza type baru pasti lebih nyaman dari type sebelumnya. seperti itulah kira-kira.... Dari hal tersebut,penting bagi anda semua untuk mengetahui apa kegunaan dari setiap instrumen yang ada di dalam mobil. Jika di lihat dari fitur mobil secara umum,berikut instrumen dan kegunaannya: Tempat duduk Dari sini,... setting tempat duduk anda supaya ketika mengemudi bisa senyaman mungkin. caranya,tarik tuas di  bawah kursi dan atur maju mundurnya di cari posisi sampai benar. Untuk mobil manual,usahakan kaki kita senyaman mungkin dalam
3 Cara Belok Mobil Yang Benar. Bagaimana cara belok mobil yang benar....? Di artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang langkah awal belajar mengemudi mobil, tips mengemudi mobil , belajar dasar/basic pada mobil ,dan juga cara mengemudi mobil di tanjakan . Sekarang,kita akan bahas cara belok mobil bagi pemula. Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudi mobil tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal belok.Entah itu belok di gang besar ataupun gang kecil.Tapi bagi yang baru belajar atau pemula,bagaimana cara belok mobil ketika berada di tikungan entah itu gang besar ataupun kecil akan menjadi tantangan tersendiri. Perlu anda ketahui,... bahwa berbelok ketika di tikungan tidak boleh asal-asalan alias ngawur. Hal paling dasar  adalah mengenai felling kita terhadap mobil yang sedang kita kemudikan dengan jalan yang akan kita lalui untuk berbelok.Untuk hal selanjutnya adalah cara belok itu sendiri. Nah,..Jika kedua hal ini sudah di kuasai pastinya ketika b

Belajar Mengemudi Mobil Matic.

                               Untuk para pemula,khususnya wanita ada beberapa sebagian yang takut jika belajar mengemudi mobil menggunakan mobil manual dan lebih memilih untuk belajar mengemudi mobil matic. Ini dirasakan sebagian orang akan mudah di pelajari. ...Memang benar. Akan tetapi,dalam proses belajar mobil matic jangan sampai menganggap enteng juga.. Cara belajar  mengemudi mobil matic hampir sama dengan belajar mengemudi mobil manual. Jika pada mobil manual terdapat pedal kopling-rem-gas ,maka pada mobil matic cuma ada pedal rem dan gas. Tuas persneling mobil manual lebih komplit daripada mobil matic.Perbedaan itulah yang akan di pelajari pada artikel kali ini. cara belajar mengemudi mobil matic antara lain: Setting tempat duduk.  Tidak jauh berbeda dengan mobil manual,... Pada mobil matic pun kita tetap harus setting tempat duduk pertama kali masuk mobil. Tarik tuas yang ada di kursi mobil untuk mendapatkan posisi yang nyaman dalam